Faktor Penyakit Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit. Penyakit ini dapat terjadi pada segala usia tapi umumnya sebelum pengidap berusia 20 tahun.

Perkembangan vitiligo sulit diprediksi karena umumnya berbeda-beda pada tiap penderita ada yang mengalami penyebaran bercak dengan cepat dan ada yang lambat. Sebagian besar penderita ini kehilangan pigmen kulit secara perlahan-lahan pada hampir seluruh permukaan kulit.

Pasien dengan vitiligo mengembangkan bintik-bintik putih pada kulit yang bervariasi dalam ukuran dan lokasi. Bintik-bintik ini terjadi ketika sel-sel pigmen atau melanosit yang hancur dan pigmen melanin tidak bisa lagi diproduksi. Melanosit biasanya terjadi di seluruh kulit serta dalam folikel rambut, mulut dan mata. Pada vitiligo sel-sel pigmen dapat hilang dalam bidang ini.

Ada beberapa faktor penyebab vitiligo seperti penampilan vitiligo di dunia. Penyebab di balik vitiligo ini tidak dapat dengan mudah di jawab akan tetapi dapat dilacak melihat ke arus utama seperti gen keturunan, riwayat pasien, lingkungan, fisiologis, psikologis, stres, dan bekerja , sistem auto-imun dan banyak alasan lainnya. Salah satu faktor utama penyebab vitiligo memiliki masalah seperti:

Sistem auto imun. Sistem ini ketika menunjukan disfungsional sel mengahncurkan sel itu sendiri bukan melindungi dan melawan bakteri yang asing dan juga virus ini dapat menyebabkan umum non segmental vitiligo. Mereka dapat ditemukan pada setiap bagian kulit tubuh seseorang atau rambut akan tetapi mereka bisa simetris seperti jika muncul setiap bercak putih di tangan kiri itu juga akan muncul di sisi kanan di area yang sama. Akan tetepi vitiligo segmental dapat ditemukan hanya di daerah trbatas hipertiriodisme. 


Artikel menarik : 





Maksudnya adalah suatu bagian penyebab vitiligo ketika gangguan fungsi sel dikembangkan dan mulai menghancurkan sel-sel melanosit yang memproduksi dan mempertahankan warna kulit. Alopecia areata, bercak kebotakan dan anemia perniosa, asupan yang tidak memadai atau membebaskan dari vit. B12 baik yang disebabakan oleh sistem autoimun ditegaskannya secara kerja paksa, ekpour matahari langsung dapat berubah menjadi sengatan matahari parah, merusak kulit karena pekerjaan dan dapat diet yang tidak seimbang merupakan bagian dari penyebab terhadap vitiligo akan tetapi profesi medis di atas mistar bila gejala ini di bahas sebelum perawatan apapun.

Selain itu juga salah satu penyebab yang sebagian besar dapat ditemukan di daerah kerja seperti pabrik kimia, unit produksi kimia, dan lain sebagainya.  Sedangkan kimia beracun melewati saraf kulit dan menghancurkan sel-sel melanin. Seperti ini perlahan-lahan akan membangun ke arah ganguan fungsi melanosit. Setelah beberapa waktu bintik-bintik putuih atau patch akan muncul pada kulit. Jenis bercak ini seperti bercak putih yang akan jatuh di bawah vitiligo segmental karena satu wilayah tertentu yang terkena dampak. Bukan hanya itu saja warisan juga merupakan bagian dari penyebab vitiligo. 

Sebagian besar orang menemukan bahwa nenek moyang mereka menderita vitiligo bisa membawa ke arah nenek moyang mereka. Penelitian ilmiah ini telah dilakukan dan telah mengamati bahwa setelah kesenjangan generasi ada banyak kemungkinan mengulangi vitiligo untuk nenek moyang mereka juga.

Walaupun penyebab vitiligo tidak menular dan tidak mengancam jiwa, akan tetapi penyakit ini dapat mempengaruhi penampilan serta kepercayaan diri dari pengidapnya. Vitiligo terjadi ketika kulit memproduksi melanin secara memadai. Melanin adalah senyawa yang menentukan warna kulit dari efek buruk sinar matahari.
Penyebab vitiligo terjadi karena penyebab di balik kekurangan melanin tersebut belum diketahui secara pasti. 

Akan tetapi para pakar menduga penyakit ini berhubungan dengan beberapa faktor resiko.
  1. Faktor keturunan sekitar 1 dari 5 pengidap vitiligo yang memiliki anggota keluarga dengan penyakit yang sama.
  2. Stres
  3. Terpajan senyawa kimia tertentu
  4. Mengidap penyakit autoimun lin seperti hipertiroidsme, diabetes atau penyakit addison
  5. Mengalami kerusakan kulit, misalnya akibat terbakar matahari.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi perhatian bagi kesehatan kita. Terimakasih

0 Response to "Faktor Penyakit Vitiligo"

Poskan Komentar